Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IIS di SMAN 6 Tapung

Authors

  • Enjelina Simbolon Universitas Riau, Indonesia
  • Gani Haryana Universitas Riau, Indonesia
  • Fenny Trisnawati Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IIS di SMAN 6 Tapung. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS.1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IIS.2 (kelas kontrol) dimana masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan uji-t dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Published

2025-11-10

How to Cite

Simbolon, E. ., Haryana, G. ., & Trisnawati, F. . (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IIS di SMAN 6 Tapung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12929-12935. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9927