BibSim: Perpustakaan Virtual sebagai Sarana Edukasi dan Literasi Teknologi Masa Kini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9924Abstract
Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia dan tingginya penetrasi teknologi digital memunculkan tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan literasi informasi, khususnya di kalangan generasi digital native. BibSim (Biblio simulator) hadir sebagai solusi inovatif berupa game simulasi manajemen perpustakaan berbasis Android yang menggabungkan elemen edukasi dan hiburan. Melalui pengalaman interaktif menjadi pustakawan atau pemustaka, BibSim menyuguhkan simulasi realistis operasional perpustakaan digital dengan fitur seperti layanan peminjaman, katalogisasi, hingga tantangan desain tata ruang. Game ini tidak hanya mengedukasi pengguna mengenai fungsi dan layanan perpustakaan modern, tetapi juga menumbuhkan minat literasi dengan pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual. Dengan visual 3D dan sistem leveling, BibSim mendukung pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara simultan. Aplikasi ini ditujukan bagi mahasiswa, pemustaka, dan masyarakat umum sebagai sarana literasi digital yang aplikatif, inklusif, serta relevan dengan era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.







