Pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kearsipan

Authors

  • Mely Maulinda Nuraksyah Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Kurniawan Kurniawan Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9920

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) kearsipan merupakan komponen kunci dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dibidang kearsipan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan library research atau studi kepustakaan. Yaitu penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data pustaka yang selanjutnya dibaca, dicatat serta diolah lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pertumbuhan dan perluasan SDM kearsipan dan mengurangi hambatan serta meningkatkan efisiensi karyawan di suatu organisasi. Strategi ini berbasis pada teknologi dan kompetensi serta berfokus pada peningkatan kualitas SDM dan manajemen kerja. Untuk meningkatkan keterampilan kearsipan, SDM kearsipan dilaksanakan melalui pelatihan, pendidikan, dan sertifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menjaga integritas SDM kearsipan sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan kearsipan nasional. Dengan cara ini, organisasi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan kearsipan dan memastikan penelitian dan informasi yang akurat. Baik karyawan maupun organisai dapat merasakan manfaat dari pelatihan dan pengembangan. Tujuan organisasi dapat tercapai melalui pengelolaan sumber daya manusia yang efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang terstruktur dan berkelanjutan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan staf kearsipan secara signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan implementasi program pelatihan berbasis kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan arsip dan memperkuat kapasitas sumber daya manusia di bidang kearsipan.

Published

2025-11-10

How to Cite

Nuraksyah, M. M. ., & Kurniawan, K. (2025). Pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kearsipan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12848-12851. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9920