Hubungan Gaya Belajar dan Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 19 Kota Singkawang

Authors

  • Bong Adi Effendi Institut Nalanda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9775

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Namun, kenyataannya masih ditemukan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, yang ditunjukkan dengan kurangnya perhatian, minat, dan ketekunan dalam belajar. Kondisi ini menuntut adanya upaya untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar, di antaranya gaya belajar dan iklim kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 19 Kota Singkawang. Secara khusus, penelitian ini mengkaji pengaruh masing-masing variabel independen maupun pengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 19 Kota Singkawang yang berjumlah 141 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 104 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar, iklim kelas, dan motivasi belajar dengan validitas dan reliabilitas yang telah diuji. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan motivasi belajar (r = 0,524, p < 0,05), iklim kelas dengan motivasi belajar (r = 0,498, p < 0,05), serta hubungan simultan antara gaya belajar dan iklim kelas dengan motivasi belajar (R = 0,625, p < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa semakin sesuai gaya belajar siswa dan semakin kondusif iklim kelas, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Published

2025-11-10

How to Cite

Effendi, B. A. . (2025). Hubungan Gaya Belajar dan Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 19 Kota Singkawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12857-12866. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9775