Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Nearpod terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Lampung Selatan

Authors

  • Putri -Ramadhani Univeritas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ida Fiteriani Univeritas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Rahma Diani Univeritas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantuan media nearpod terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV MIN 2 Lampung Selatan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik akibat penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan minimnya pemanfaatan media interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment berbentuk Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IV, dengan sampel sebanyak 43 peserta didik yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang disusun berdasarkan lima indikator pemahaman konsep matematika. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (83,48) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (62,59). Uji t independen menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model explicit instruction berbantuan nearpod berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik dan mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif serta efektif.

Published

2025-11-02

How to Cite

-Ramadhani, P. ., Fiteriani, I. ., & Diani, R. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Nearpod terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Lampung Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12611-12617. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9751