Peran Guru dalam Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SMPN 4 Sungai Raya

Authors

  • Nur Asyikin Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Atiqa Nur Latifa Hanum Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Sahidi Sahidi Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9744

Abstract

Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran, namun pemanfaatannya sering kali belum maksimal. Guru berperan sentral dalam mengarahkan siswa agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam optimalisasi pemanfaatan perpustakaan serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMPN 4 Sungai Raya. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terhadap enam informan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data dijaga dengan perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan inovator dalam mendorong pemanfaatan perpustakaan. Faktor penghambat meliputi variasi koleksi yang belum seimbang, keterbatasan fasilitas dan waktu kunjungan, serta rendahnya inisiatif guru dan siswa. Sementara itu, faktor pendukung meliputi kesadaran guru akan pentingnya literasi dan dukungan pustakawan. Kebaruan penelitian ini terletak pada penekanan peran multidimensional guru dalam membangun budaya belajar berbasis perpustakaan di jenjang sekolah menengah, yang masih jarang diteliti di Indonesia.

Published

2025-11-06

How to Cite

Asyikin, N. ., Hanum, A. N. L. ., & Sahidi, S. (2025). Peran Guru dalam Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SMPN 4 Sungai Raya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12758-12767. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9744