Persepsi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Saat Daring
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.974Abstract
Proses pembelajaran di sekolah saat terjadi pandemi covid-19 berubah dari sistem menjadi sistem daring. Perubahan inilah yang yang menjadikan para orang tua siap untuk bersinergi dengan sekolah saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terkait ada atau tidaknya kendala yang dihadapi dalam melakukan pendampingan anak saat daring selama pandemi covid-19 terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket online dan disebar pada bulan april 2021. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua di Kelurahan Jebres, Surakarta. Analisis data dilakukan dengan cara diskriptif, yaitu memaparkan data setelah dikelompokkan dan menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebanyak 73,3% orang tua mengalami kendala saat mendampingi anak belajar daring dan 26,7% orang tua tidak mengalami kendala saat mendampingi anak belajar online, 2) Faktor yang menyebabkan orang tua mengalami kendala saat mendampingi anak belajar daring antara lain faktor waktu/kesibukan orang tua 40%, faktor kesulitan mengkondisikan anak 26,67%, faktor ketidak pahaman orang tua terhadap materi yang diajarkan 13,33%, faktor lingkungan yang tidak mendukung seperti bermain handphone dan terkendala sinyal 20%.