Pengembangan Buku Panduan Peran Pendidik dalam Perlindungan Anak Usia Dini

Authors

  • Alis Hamidah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Nita Priyanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Hamid Patilima Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan “Buku Panduan Guru PAUD: Kiat-Kiat Perlindungan Anak Usia Dini” sebagai media pendukung bagi pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan ramah anak. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi hanya sampai tahap develop. Subjek penelitian terdiri dari 14 pendidik di TA-TK Al Azhar Syifa Budi Jatibening, serta uji coba terbatas pada 21 pendidik dari tiga lembaga PAUD lainnya. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, validasi ahli, serta angket respon pendidik. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan 92% dari ahli materi, 92% dari ahli bahasa, dan 88% dari ahli media. Uji coba terbatas menghasilkan persentase kelayakan 91,90%, sedangkan implementasi utama memperoleh 92,89%. Data kualitatif memperkuat bahwa buku panduan dinilai praktis, mudah dipahami, dan meningkatkan kepercayaan diri pendidik. Dengan demikian, buku panduan ini layak digunakan sebagai acuan praktis bagi pendidik PAUD dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan perlindungan anak usia dini.

Published

2025-11-01

How to Cite

Hamidah, A., Priyanti, N. ., & Patilima, H. . (2025). Pengembangan Buku Panduan Peran Pendidik dalam Perlindungan Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12568-12573. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9732