Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Symbolic Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMA

Authors

  • Dea Alvia Kusuma Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yuline Yuline Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Amallia Putri Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SMA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain Pre-Experimental melalui rancangan One Group Pre-test and Post-test Design. Sampel penelitian terdiri dari 6 siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah hingga sedang yang dipilih secara purposive sampling dari populasi berjumlah 30 siswa kelas XA–XD. Hasil pengukuran menunjukkan rata-rata skor kepercayaan diri siswa sebelum perlakuan (pre-test) sebesar 104, sedangkan setelah perlakuan (post-test) meningkat menjadi 142. Uji statistik dengan Paired Sample T-Test memperoleh nilai thitung -6.383 dengan signifikansi 0.001 < 0.05, yang mengindikasikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok menggunakan teknik symbolic modeling efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Published

2025-11-10

How to Cite

Kusuma, D. A., Yuline, Y., & Putri, A. . (2025). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Symbolic Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12663-12667. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9719