Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Menggambar Mode melalui Penerapan Strategi Training Model

Authors

  • Afra Dilla Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yuliarma Yuliarma Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sri Zulfia Novrita Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Puji Hujria Suci Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9714

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menguasai keterampilan menggambar mode pada mata pelajaran Dasar Keahlian Busana, yang merupakan salah satu kompetensi dasar penting di SMK. Rendahnya hasil belajar siswa menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran Training Model terhadap hasil belajar siswa kelas X Busana pada materi Menggambar Mode. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-experimental design) melalui desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan strategi Training Model dan kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen mencapai 84,94, sedangkan kelompok kontrol hanya 79,44. Uji-t menghasilkan thitung sebesar 5,07, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,994. Karena thitung lebih besar daripada ttabel, maka disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Training Model berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menggambar Mode di kelas X Busana. Yang dapat diartikan bahwa training model dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2025-11-01

How to Cite

Dilla, A., Yuliarma, Y., Novrita, S. Z. ., & Suci, P. H. . (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Menggambar Mode melalui Penerapan Strategi Training Model. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12542-12548. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9714