Konsep Hadis Kepribadian Manusia Sempurna (Insan Kamil) Perspektif Pendidikan Moderasi beragama

Authors

  • Maslani Maslani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ikhsanul Fauzi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Teguh Pamuji Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Taupik Agung Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9698

Abstract

Penelitian ini menelaah terkait dengan konsep kepribadian insan kamil sebagaimana yang tercantum dalam hadis Nabi serta relevansinya dengan Pendidikan moderasi beragama. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami konsep insan kamil yang digambarkan dalam hadis nabi sebagai bentuk sikap moderasi beragama dalam perspektif Pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan   analisa data metode studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa di era global yang sarat dengan perbedaan dan tantangan ini, moderasi beragama menjadi suatu fondasi penting dalam membentuk generasi insan kamil yang mampu berkontribusi secara aktif dalam membangun peradaban harmonis dan berkelanjutan. Insan kamil sebagai manusia yang ideal dalam Islam mencerminkan kesempurnaan spiritual, intelektual, dan sosial. Melalui kolaborasi peran dari berbagai pihak, diantaranya pendidik, tokoh agama, dan pemerintah, maka nilai-nilai moderasi beragama dapat ditanamkan secara luas dalam masyarakat majemuk. Dengan demikian, pendidikan moderasi beragama tidak hanya menjadi benteng terhadap radikalisme, tetapi juga jalan menuju lahirnya generasi yang unggul, seimbang, dan berkarakter rahmatan lil ‘alamin.

Published

2025-11-01

How to Cite

Maslani, M., Fauzi, I. ., Pamuji, T. ., & Nugraha, T. A. . (2025). Konsep Hadis Kepribadian Manusia Sempurna (Insan Kamil) Perspektif Pendidikan Moderasi beragama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12498-12506. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9698