Pengembangan Ensiklopedia Etnomedisin Maluku Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 23 Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9688Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya integrasi budaya lokal dalam pembelajaran di wilayah Maluku, khususnya terkait pengetahuan etnomedisin. Ketidakterlibatan budaya lokal dalam media pembelajaran menyebabkan rendahnya minat belajar dan literasi sains siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pengembangan ensiklopedia etnomedisin Maluku sebagai media pembelajaran kontekstual yang mampu meningkatkan literasi sains siswa secara simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan ensiklopedia etnomedisin, mengevaluasi kelayakan ensiklopedia etnomedisin, serta mengukur efektivitas dalam meningkatkan minat belajar dan literasi sains siswa. Metode yang digunakan adalah reseacrh and development yang mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan yakni model 4-D (four-D models) yang terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026 di SMA Negeri 23 Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Hasil penlitian dan pengembangan ensiklopedia etnomedisin Maluku yang dikembangkan, memiliki kualifikasi yang sangat baik dan layak digunakan. Implikasi dengan adanya ensiklopedia etnomedisin ini, maka siswa dapat gunakan sebagai sumber belajar yang lebih muda.







