Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9679Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan kemampuan menulis teks tanggapan pada kelas eksperimen dengan rata-rata post-test 71,88 dibandingkan kelas kontrol 61,06 serta kategori N-Gain sedang (39,95%). Peningkatan terlihat pada aspek struktur teks, isi, penggunaan bahasa, kosakata, hingga kerapian tulisan. Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) juga terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi, berpikir kritis, dan bekerja sama. Dengan demikian, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan siswa SMP.







