Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII

Authors

  • Sindi Zahirotul Afifah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Dewi Herlina Sugiarti Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Sinta Rosalina Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9679

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan kemampuan menulis teks tanggapan pada kelas eksperimen dengan rata-rata post-test 71,88 dibandingkan kelas kontrol 61,06 serta kategori N-Gain sedang (39,95%). Peningkatan terlihat pada aspek struktur teks, isi, penggunaan bahasa, kosakata, hingga kerapian tulisan. Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) juga terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi, berpikir kritis, dan bekerja sama. Dengan demikian, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan siswa SMP.

Published

2025-11-01

How to Cite

Afifah, S. Z. ., Sugiarti, D. H. ., & Rosalina, S. . (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12400-12406. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9679