A Systematic Literatur Review: Implementasi Model POGIL terhadap Kemampuan Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9667Abstract
Pada pelaksanaan kurikulum merdeka memiliki tantangan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa dan membekali mereka dengan kemampuan matematis fungsional. Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dianggap sebagai salah satu solusi untuk mencapai tujuan ini. Meskipun banyak penelitian empiris telah menguji dampak POGIL terhadap berbagai aspek kemampuan matematis, hasilnya belum terangkum secara terpadu. Penelitian ini bertujuan menyajikan secara sistematis mengenai dampak dan efektivitas POGIL dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data diperoleh dari 22 artikel relevan yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional pada tahun 2018 – 2023, yang dikumpulkan dari platform seperti Google Scholar dan Semantic Scholar. Kesimpulan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa model POGIL secara konsisten terbukti berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan berbagai jenis kemampuan matematis siswa. Secara spesifik, POGIL efektif dalam meningkatkan delapan kemampuan, yaitu: pemecahan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi matematis, pemahaman konsep, penalaran matematis, koneksi matematis dan representasi matematika. Penerapan POGIL juga banyak dilakukan di tingkat SMP karena model ini dinilai sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa pada jenjang tersebut.







