Strategi Pemasaran Pendidikan Muhammadiyah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9666Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pendidikan yang diterapkan oleh lembaga pendidikan Muhammadiyah, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dalam upaya meningkatkan daya saing lembaga pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah 25 artikel dari jurnal nasional terakreditasi (SINTA), portal Garuda, dan Google Scholar dalam kurun waktu 2021–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Muhammadiyah secara konsisten menerapkan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) dengan adaptasi terhadap perkembangan teknologi digital. Strategi yang diterapkan meliputi pengembangan program unggulan seperti full day school, tahfidzul Qur'an, promosi digital melalui media sosial, penguatan citra lembaga, serta peningkatan kualitas layanan dan hubungan dengan masyarakat. Faktor pendukung keberhasilan strategi pemasaran meliputi kepemimpinan visioner, identitas keislaman yang kuat, dan pemanfaatan teknologi informasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumber daya dan kurangnya kompetensi SDM di bidang pemasaran digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan jumlah peserta didik, prestasi, dan akreditasi sekolah Muhammadiyah, serta memperkuat posisinya di tengah persaingan lembaga pendidikan Islam di Indonesia.







