Peran Guru PKN dalam meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas IX di Y.P Trijaya Medan

Authors

  • Lexmana Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Budiman N.P.D Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kondios M Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.966

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pkn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kedisiplinan siswa menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menererangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Informan dalam penelitian adalah guru pkn dan guru ipa sebagai pembanding, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah  terjalinnya kerja  antar guru dan orang tua, dan faktor penghambat adalah kurangnya perhatian orang tua serta lingkungan masyarakat yang kurang baik. Terdapat beberapa peran guru pkn dalam meningkatkan kedisiplinan yakni dengan memberi motivasi, teguran, dan juga sanksi kepada siswa guna meningkatkan kedisiplinan siswa.

Published

2022-10-01

How to Cite

Sihombing, L., Sinaga, B. N., & Pasaribu, K. M. (2022). Peran Guru PKN dalam meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas IX di Y.P Trijaya Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4163-4166. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.966