Hubungan Motivasi Belajar dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Pos Refleksi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9644Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan keterlibatan siswa pada pembelajaran berbasis pos refleksi yang dipadukan dengan elemen gamifikasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed-methods dengan desain explanatory sequential. Data kuantitatif diperoleh melalui angket motivasi (13 butir) dan keterlibatan (9 butir) yang diisi oleh 42 siswa kelas VII, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi (M = 4.52, SD = 0.68) dan keterlibatan berada pada kategori sedang–tinggi (M = 3.89, SD = 0.74). Uji korelasi Pearson mengungkapkan adanya hubungan positif signifikan antara motivasi dan keterlibatan (r = 0.62, p < 0.01), dengan kontribusi motivasi sebesar 38% terhadap variansi keterlibatan. Hasil wawancara mendukung temuan kuantitatif, di mana siswa melaporkan perasaan senang, antusias, serta keterlibatan aktif melalui aktivitas kuis, badge, dan kerja kelompok di lingkungan belajar otentik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran pos refleksi dengan gamifikasi efektif dalam menumbuhkan motivasi dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini memiliki dampak signifikan terhadap perumusan strategi pembelajaran yang kontekstual dan reflektif, sekaligus mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.







