Inovasi Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 5.0
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9631Abstract
Pendidikan moderasi beragama menjadi strategi dalam menghadapi maraknya intoleransi dan radikalisme melalui ruang digital. Hal ini semakin mengemuka di era Revolusi Industri 5.0 yang ditandai dengan integrasi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk memamahi tiga hal. Pertama, urgensi pendidikan moderasi beragama di era Revolusi Industri 5.0. Kedua, bentuk inovasi pendidikan moderasi beragama berbasis digital. Ketiga, dampak inovasi digital terhadap pendidikan moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, urgensi tersebut tidak hanya terletak pada kebutuhan untuk melawan radikalisme dan intoleransi berbasis digital, tetapi juga untuk menyiapkan generasi yang memiliki literasi digital keagamaan, yakni kemampuan memanfaatkan teknologi secara bijak sambil tetap berlandaskan nilai-nilai keagamaan yang moderat. Kedua, bentuk inovasi antara lain: platform e-learning, konten media sosial kreatif, game edukasi, virtual discussion dan online workshop serta pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dan chatbot Islami moderat. Ketiga, dampak dari inovasi tersebut, mempercepat penyebaran nilai-nilai moderasi beragama dan berperan sebagai instrumen transformatif dalam membentuk generasi muda yang moderat, adaptif, dan siap menghadapi tantangan era Revolusi Industri 5.0. Kontribusi penelitian ini terletak pada penyusunan model konsep pendidikan moderasi beragama yang adaptif dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat menjadi rujukan bagi pemerintah, pendidik, dan masyarakat dalam merancang strategi pendidikan moderasi yang relevan di era 5.0.







