Analisis Wacana Digital terhadap #LaporMasWapres dalam reputasi Gibran melalui media sosial Instagram

Authors

  • Hanintya Dianti Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Herlina Suksmawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana digital mengenai program #LaporMasWapres dalam konstruksi reputasi politik Gibran Rakabuming Raka melalui media sosial Instagram. Kajian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis wacana digital Rodney H. Jones yang menekankan pada teks, konteks, aksi dan interaksi, serta ideologi dan kekuasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram dimanfaatkan tidak hanya sebagai media komunikasi satu arah, tetapi juga sebagai ruang interaktif yang memungkinkan dialektika antara pemerintah dan masyarakat. Melalui caption, hashtag, emoji, serta kolom komentar, Gibran berupaya membangun citra sebagai pemimpin muda yang terbuka, responsif, dan dekat dengan rakyat. Hashtag #LaporMasWapres berfungsi strategis sebagai penanda diskursif yang membentuk searchable talk sekaligus simbol keterbukaan dan partisipasi publik. Respons warganet menunjukkan adanya dualitas wacana berupa dukungan dan resistensi yang membuktikan bahwa reputasi politik bersifat cair, dinamis, dan kolektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa reputasi politik di era digital merupakan hasil konstruksi sosial yang terus berubah dan dipengaruhi oleh interaksi publik di ruang media sosial.

Published

2025-11-11

How to Cite

Putri, H. D. ., & Suksmawati, H. . (2025). Analisis Wacana Digital terhadap #LaporMasWapres dalam reputasi Gibran melalui media sosial Instagram. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 12954-12958. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.9590