Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Karawang

Authors

  • Cecep Sundulusi Kantor Kemenag Kabupaten Karawang, Indonesia
  • Sutarna Sutarna MAN 3 Karawang, Indonesia
  • Ahmad Dimyati MAN 2 Karawang, Indonesia
  • Enung Nurjanah Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Indonesia
  • Ahmad Ahmad MAN 3 Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penyelenggaraan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam Di MAN 3 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran PAI di MAN 3 Karawang sudah dilakukan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen. Dimana guru Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Karawang pada tahapan perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat silabus dan menyiapkan RPP mata pelajaran PAI sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Hal ini dilakukan sebagai panduan dalam proses pembelajaran PAI. Pada tahapan pengorganisasian pembelajaran PAI dilakukan dengan langkah-langkah yakni sebelum masuk kelas, saat di dalam kelas, dan tahap sesudah pengajaran PAI. Pada tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI dibagi menjadi kegiatan pendahuluan, kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup. Pada tahapan evaluasi pembelajaran PAI dilakukan melalui tugas rumah atau tugas di kelas, ujian semester, tes tertulis maupun lisan, tanya jawab dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan mengoptimalkan penyelenggaraan pembelajaran PAI dengan pendekatan manajemen dapat mengoptimalkan proses pembelajaran.

Published

2022-07-27

How to Cite

Sundulusi, C., Sutarna, S., Dimyati, A. ., Nurjanah, E. ., & Ahmad, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2715-2721. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.763