Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR)

Authors

  • Aria Nur Akmal Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam Maghfirah, Indonesia
  • Nur Maelasari Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam Maghfirah, Indonesia
  • Lusiana Lusiana Universitas Islam 45 Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengertian deep learning dalam pendidikan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini muncul dari meningkatnya kebutuhan untuk mendalami konsep deep learning dalam konteks pendidikan, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang melibatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah di kalangan siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan SLR, yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian terkait deep learning dalam pendidikan. Kata kunci yang digunakan adalah “deep learning in education” dengan basis data SCILIT. Adapun kriteria inklusi yang digunakan adalah Jurnal penelitian yang open access dan top cite paper, berasal dari Jurnal Internasional Bereputasi, yaitu Scopus, Elsevier, MDPI AG, IEEE dari tahun 2021-2024. Sedangkan Kriteria Ekslusif nya adalah jurnal berbahasa indonesi. Akhirnya jurnal yang tersaring berjumlah 13 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deep learning dalam pendidikan mencakup pemahaman mendalam, integrasi pengetahuan, penerapan kreatif, dan keterlibatan sosial yang lebih tinggi. Pendekatan ini menekankan pentingnya interaksi aktif siswa dan penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran yang lebih personal dan aplikatif. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa penerapan deep learning dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih transformatif bagi siswa, serta memperkuat keterampilan yang relevan di dunia nyata.

Published

2025-03-09

How to Cite

Akmal, A. N. ., Maelasari, N. ., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229-3236. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442