Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02

Authors

  • Wann Nurdiana Sari Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Pendit Gustanu Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Muhamad Suprayitno Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Ratna Etriya Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Clarisa Ayu Aprilia Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.744

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perasaan bosan siswa dalam pembelajaran online. Selain itu, adanya perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat perlu diterapkan dalam perkembangan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan video pembelajaran IPA dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online kelas V SD N Pulorejo 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Daa diperoleh melalui teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya penerapan video pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran online kelas V SD N Pulorejo 02. Adanya media video pembelajaran IPA ini membuat siswa penasaran akan isi materi yang ada di video pembelajaran tersebut.

Published

2022-08-01

How to Cite

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795-2800. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.744