Strategi Komunikasi Persuasif Forum Generasi Berencana di Wilayah Kembangan dalam Meningkatkan Kesadaran Remaja Tentang Pernikahan Dini Berdasarkan Model AISAS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7392Abstract
Pernikahan dini menjadi permasalahan yang masih marak terjadi di Indonesia, termasuk di wilayah Kembangan. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berupaya mencegah pernikahan dini melalui Forum Generasi Berencana (GenRe) sebagai wadah edukasi bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan BKKBN dalam sosialisasi pencegahan pernikahan dini melalui Forum GenRe, dengan pendekatan komunikasi antarpribadi, teori new media menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), serta komunikasi persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun komunikasi antarpribadi dan pemanfaatan media digital telah diterapkan dalam sosialisasi, efektivitas kampanye masih belum optimal. Kurangnya sosialisasi Forum GenRe menjadi hambatan utama dalam penyebarluasan informasi kepada remaja. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan frekuensi kampanye dan sosialisasi dengan strategi komunikasi yang lebih interaktif dan persuasif agar pesan dapat tersampaikan secara efektif dan meningkatkan kesadaran remaja mengenai dampak negatif pernikahan dini.