Pengaruh Literasi Digital dan Minat Baca Siswa terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI

Authors

  • Supriyanti Supriyanti Universitas Terbuka, Indonesia
  • Farikah Farikah Universitas Tidar, Indonesia
  • Syafruddin Syafruddin Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) literasi digital terhadap kemandirian belajar, 2) minat baca siswa terhadap kemandirian belajar, dan 3) literasi digital dan minat baca siswa terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI SD di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo dan sampel sejumlah 186 siswa. Hasil penelitian ini: 1) literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 9,870 > 1,97294  dengan signifikasi 0,000 < 0,05, 2) minat baca siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 8,299 > 1,97294 dengan signifikasi 0,000 < 0,05, dan 3) miterasi digital dan minat baca siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai F_hitung > F_tabel yaitu 71,528 > 3,05 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan: 1) literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar, 2) minat baca siswa memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kemandirian belajar, dan 3) literasi digital dan minat baca siswa secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar. Literasi digital dan minat baca siswa miliki konstribusi dalam peningkatan kemampuan kemandirian belajar yang dimiliki siswa. Peningkatan kemampuan literasi digital dan minat baca siswa akan diikuti oleh kemandirian belajar siswa.

Published

2025-03-03

How to Cite

Supriyanti, S., Farikah, F., & Syafruddin, S. (2025). Pengaruh Literasi Digital dan Minat Baca Siswa terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2819-2828. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7266