Lingkungan Multikultural dalam Belajar Bahasa Arab di SMA Negeri
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7231Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran bahasa arab di lingkungan SMA Negeri 6 Palembang yang tidak berlatar belakang sekolah islami atau disebut juga dengan lingkungan multikultural. Pembelajaran bahasa arab disekolah ini sudah berjalan sangat lama, bahkan sejak awal didirikannya sekolah, meskipun mengalami beberapa kali perubahan perencanaan dalam pengaplikasiannya di SMA Negeri 6 Palembang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan (berisi tentang media, metode, materi ajar dan alat evaluasi), pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran bahasa arab di SMA Negeri 6 Palembang berjalan dengan baik dan masih berlanjut hingga sekarang meskipun dengan lingkungan multikultural. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagai contoh dan acuan pada sekolah umum lainnya yang juga ingin menjadikan bahasa arab sebagai salah satu bagian dalam sekolah mereka. Baik dalam bentuk mata pelajaran wajib, peminatan, muatan lokal, atau bahkan sebagai program ekstrakurikuler.