Lingkungan Multikultural dalam Belajar Bahasa Arab di SMA Negeri

Authors

  • Nadila Hanisaniyya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Kristina Imron Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Bambang Prasetyo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Arika Falakul Fajriya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Hanifatun Nisa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran bahasa arab di lingkungan SMA Negeri 6 Palembang yang tidak berlatar belakang sekolah islami atau disebut juga dengan lingkungan multikultural. Pembelajaran bahasa arab disekolah ini sudah berjalan sangat lama, bahkan sejak awal didirikannya sekolah, meskipun mengalami beberapa kali perubahan perencanaan dalam pengaplikasiannya di SMA Negeri 6 Palembang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan (berisi tentang media, metode, materi ajar dan alat evaluasi), pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran bahasa arab di SMA Negeri 6 Palembang berjalan dengan baik dan masih berlanjut hingga sekarang meskipun dengan lingkungan multikultural. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagai contoh dan acuan pada sekolah umum lainnya yang juga ingin menjadikan bahasa arab sebagai salah satu bagian dalam sekolah mereka. Baik dalam bentuk mata pelajaran wajib, peminatan, muatan lokal, atau bahkan sebagai program ekstrakurikuler.

Published

2025-03-03

How to Cite

Hanisaniyya, N. ., Imron, K. ., Prasetyo, B. ., Fajriya, A. F. ., & Nisa, H. . (2025). Lingkungan Multikultural dalam Belajar Bahasa Arab di SMA Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2695-2704. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7231