Pengaruh Model Pembelajaran Internet Of Things (IOT) terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Penjumlahan terhadap Siswa SD Sanggar Belajar Kepong, Malaysia

Authors

  • Fadillah Az-zahra Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Internet of Things (IoT) terhadap pemahaman konsep matematika yang berkaitan dengan penjumlahan pada siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Experimental. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak model pembelajaran Internet of Things (IoT) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji persyaratan (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) serta uji hipotesis (Uji t sampel independen). Hasil uji t sampel independen menunjukkan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,033, yang lebih kecil dari 0,05 (sig. 2-tailed ? 0,05), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, terdapat pengaruh model pembelajaran Internet of Things (IoT) terhadap pemahaman konsep matematika.

Published

2025-03-02

How to Cite

Az-zahra, F. ., & Nasution, I. S. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Internet Of Things (IOT) terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Penjumlahan terhadap Siswa SD Sanggar Belajar Kepong, Malaysia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2470-2475. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7161