Evaluasi Hasil Asesmen Melalui Pemberian Umpan Balik dalam Tes Formatif sebagai Tolak Ukur Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Misnawati Misnawati Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Junari Junari Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Dopu Teibang Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Luthfiyah Luthfiyah Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6836

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi evaluasi hasil asesmen melalui pemberian umpan balik dalam tes formatif sebagai instrumen pengukuran hasil belajar siswa. Menggunakan metode studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder yang diterbitkan dalam rentang 2020-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik yang efektif dalam asesmen formatif dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa hingga 42% dan motivasi belajar sebesar 35%. Pemberian umpan balik optimal dilakukan dalam rentang 24-48 jam setelah asesmen, dengan implementasi sistem evaluasi berbasis teknologi meningkatkan efisiensi hingga 65%. Kompetensi guru dalam dimensi pedagogis, komunikasi, analitis, literasi digital, dan sensitivitas sosial-emosional berperan crucial dalam keberhasilan sistem umpan balik formatif. Penelitian ini mengidentifikasi tren pengembangan masa depan meliputi integrasi AI, real-time feedback systems, dan personalized learning analytics. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan praktik evaluasi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif terhadap kebutuhan pendidikan modern.

Published

2025-02-11

How to Cite

Misnawati, M., Junari, J., Teibang, D. ., Ilham, I., & Luthfiyah, L. (2025). Evaluasi Hasil Asesmen Melalui Pemberian Umpan Balik dalam Tes Formatif sebagai Tolak Ukur Hasil Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2236-2242. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6836