Manajemen Kemitraan Sekolah Menegah Kejuruan dengan Dunia Industri melalui Pengoptimalan Kelas Industri di SMK Raden Rahmat Mojosari
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6459Abstract
Pendidikan menengah kejuruan merupakan jenjang pendidikan menengah kejuruan yang lebih mengutamakan pengembangan keterampilan siswa untuk jenis profesi tertentu. Maka SMK Raden Rahmat memiliki program kelas industri yang dilakukan secara mutualisme yaitu saling menguntungkan antara sekolah dengan industri. sekolah dan dunia kerja memiliki informasi yang terpadu tentang kegiatan pembelajaran kejuruan di sekolah dan di dunia industri, sinkronisasi kurikulum dan pengelolaan kerja sama antara SMK dan DUDI telah dilaksanakan secara terpadu. Selain itu, pengelolaan kerja sama telah diterapkan secara konsisten dengan pengadaan koordinasi setiap tahun dengan ditunjang oleh administrasi yang baik. Semua DUDI telah mampu membantu SMK dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Koordinasi yang dilakukan dengan dunia usaha dan dunia industry antara lain penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan DUDI, sinkronisasi kurikulum yang ada, pelaaksanaan kunjungan industri dan studi banding, mendatangkan guru tamu, PKL, On the Job Training (OJT), pelaksanaan UKK, BKK, dan teaching factory rintisan merupakan contoh implementasi (aktualisasi) kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.