Peran Peraturan Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa untuk Mencapai Prestasi Belajar

Authors

  • Kornelius Melva Telaumbanua Universitas Nias, Indonesia
  • Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Adrianus Bawamenewi Universitas Nias, Indonesia
  • Fatiani Lase Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6293

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Upaya yang dilakukan pelaksanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa untuk mencapai prestasi belajar dan Untuk mengetahui kendala yang dihadapi pelaksanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa untuk mencapai prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama, adanya peraturan sekolah dapat menjaga kedisiplinan siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mengembangkan sikap bertanggung jawab, menghormati orang lain, membentuk pola pikir yang positif, dan meningkatkan prestasi belajar, misalnya, disiplin belajar, mengerjakan PR, penyerahan tugas tepat waktu, dan keaktifan proses pembelajaran. Kedua, kendala yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran dan komitmen dalam diri siswa, kurangnya konsistensi penerapan peraturan sekolah, kurang fasilitas dan sumber daya, kurangnya kejelasan dan keadilan dalam penerapan sanksi, lingkungan sekitar, kurangnya dukungan orangtua, dan Perubahan sosial-budaya. Ketiga, upaya mengatasi kendala yaitu penyusunan dan sosialisasi peraturan sekolah yang jelas dan komprehensif, penerapan sanksi adil dan konsisten, peningkatan peran guru dan staf, adanya peran orangtua dan masyarakat, pemanfaatan teknologi, serta evaluasi dan peningkatan serta memanfaatkan teknologi.

Published

2024-11-15

How to Cite

Telaumbanua, K. M. ., Harefa, H. O. N. ., Bawamenewi, A. ., & Lase, F. . (2024). Peran Peraturan Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa untuk Mencapai Prestasi Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13159-13169. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6293