Co-development Media Pembelajaran Poster dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6129Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran poster. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII 7 SMP Negeri 8 Pekanbaru yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dimana peneliti melakukan observasi langsung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan dua siklus penelitian yang berisi beberapa tindakan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hasil belajar siswa pada soal-soal pretest, posttest sikus I dan posttest siklus II menggunakan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada pretest sebesar 48,85, pada posttest siklus I sebesar 69,42 dan pada posttest siklus II sebesar 87,71. Persentase ketuntaan hasil belajar siswa pada pretest sebesar 20%, sedangkan siklus I sebesar 51,42% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Pekanbaru.