Hubungan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Interaksi Sosial Remaja pada Siswa SMK

Authors

  • Rivaldiani Tirta Purwoarrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Sigit Muryono Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5452

Abstract

Interaksi sosial yang baik apabila remaja mampu untuk memahami kecerdasan emosional, sehingga mampu memberikan pengalaman yang baik untuk dirinya. Akan tetapi jika interaksi sosial yang rendah maka remaja tidak mampu untuk memahami kecerdasan emosional yang dimiliki, dan remaja akan kesulitan dalam menjalankan sebuah interaksi sosialnya. Pada penelitian ini memakai metode kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 102 peserta didik dan menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan alat ukur instrument angket skala likert dengan kecerdasan emosional terdapat 22 nomor dan interaksi sosial terdapat 25 nomor pernyataan. Dalam analisis data menggunakan korelasi Person Product Moment. Hasil uji statistik penelitian ini ditemukan koefisien korelasi sebesar 0,223 dan nilai Signifikan (2-tailed) sebesar 0,024 < 0,05. Dapat dikatakan jika hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial pada siswa kelas X SMK PKP 1 Jakarta Islamic School, semakin tinggi kecerdasan emosional peserta didik maka semakin tinggi juga interaksi sosial peserta didik, maupun sebaliknya.

Published

2024-09-06

How to Cite

Purwoarrum , R. T., & Muryono, S. . (2024). Hubungan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Interaksi Sosial Remaja pada Siswa SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11042-11047. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5452