Pengaruh Pendidikan Anti Korupsi terhadap Karakter Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Very Sukma Firmansyah STKIP Purwakarta, Indonesia
  • Chika Gianistika STIT Rakeyan Santang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan anti korupsi terhadap karakter siswa. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel pada jurnal nasional dan instrumen berupa lembaran pemberian kode (coding category). Penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa pengaruh Pendidikan Anti Korupsi terhadap karakter siswa dari subjek jenjang Pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Purwakarta, Pendidikan Anti Korupsi lebih efektif digunakan pada peserta didik di jenjang pendidikan sekolah dasar pada kelas tinggi (fase B dan C). Sementara itu dari subjek materi pelajaran, Pendidikan Anti Korupsi lebih berpengaruh pada materi Pancasila dari pada materi lainnya. Dan dari subjek media yang digunakan, Pendidikan Anti Korupsi lebih efektif bila memakai mind map. Temuan lain menunjukan bahwa Pendidikan Anti Korupsi dimulai dengan pemberian masalah yang terkait dengan dunia nyata, siswa kemudian secara aktif merumuskan masalah dan mengidentifikasi pengetahuannya, mempelajari dan mengaitkan materi dengan masalah, dan pada akhirnya membuat solusi dari masalah yang diberikan. Sehingga karakter keberanian pada Pendidikan anti korupsi akan terbentuk. Pendidikan Anti Korupsi memberikan pengaruh tinggi terhadap karakter keberanian pada diri siswa sekolah dasar terutama pada fase B dan C.

Published

2024-07-03

How to Cite

Firmansyah, V. S. ., & Gianistika, C. (2024). Pengaruh Pendidikan Anti Korupsi terhadap Karakter Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7306-7314. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5275