Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Swasta di Wilayah Kecamatan Parung Panjang dan Tenjo Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.525Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja Guru SMA Di Wilayah Kecamatan Parung Panjang dan Tenjo Kabupaten Bogor baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling menggunakan dengan sampel sebanyak 142 responden dari populasi 220 dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini adalah Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 40,5%. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan koefisien determinasi sebesar 43,2%. Pelatihan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan persamaan regresi Y = 6,031 + 0,382X1 + 0,469X2. Nilai korelasi sebesar 0,754 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 56,8% sedangkan sisanya sebesar 43,2% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (91,540 > 2,670). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja Guru SMA Swasta Di Wilayah Kecamatan Parung Panjang dan Tenjo Kabupaten Bogor.