Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5110Abstract
Penelitian ini menginvestigasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengadaptasi pendidikan di era Society 5.0, dengan fokus pada perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, mengumpulkan data dari literatur melalui teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan signifikan terkait peran dan keterampilan baru yang diperlukan dalam pendidikan yang berorientasi pada teknologi. Tantangan utama termasuk adaptasi peran tradisional menjadi fasilitator pembelajaran dan pembimbing, penggunaan teknologi yang merata di berbagai wilayah, serta integrasi etika digital dalam proses pembelajaran. Solusi yang diusulkan mencakup penguasaan teknologi, adaptasi kurikulum yang relevan, dan penekanan pada etika dalam penggunaan teknologi, semua disesuaikan dengan nilai-nilai moral yang diajarkan dalam Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi guru untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang di era Society 5.0.