Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis

Authors

  • Ushie Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Kurnia Utami Nursholichah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Esty Cahyaningsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Tulus Mustofa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Nur Saidah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5110

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengadaptasi pendidikan di era Society 5.0, dengan fokus pada perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, mengumpulkan data dari literatur melalui teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan signifikan terkait peran dan keterampilan baru yang diperlukan dalam pendidikan yang berorientasi pada teknologi. Tantangan utama termasuk adaptasi peran tradisional menjadi fasilitator pembelajaran dan pembimbing, penggunaan teknologi yang merata di berbagai wilayah, serta integrasi etika digital dalam proses pembelajaran. Solusi yang diusulkan mencakup penguasaan teknologi, adaptasi kurikulum yang relevan, dan penekanan pada etika dalam penggunaan teknologi, semua disesuaikan dengan nilai-nilai moral yang diajarkan dalam Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi guru untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang di era Society 5.0.

Published

2024-08-06

How to Cite

Hasanah, U. U. ., Nursholichah, K. U. ., Cahyaningsih, E. ., Mustofa, T. ., & Saidah, N. . (2024). Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8762-8770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5110