Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Lestari Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
  • Ana Christanti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5104

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya keantusiasan dan kemandirian pelajar selama berlangsungnya belajar yang membuat kemahiran berpikir kritis pelajar kurang terlatih terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, tujuan dari penyelidikan ini yakni guna menjelaskan pengaruh model belajar creative problem solving pada kemahiran berpikir kritis pelajar kelas IV sekolah dasar, penelitian ini menerapan metode kuantitatif the one group pretest-posttest design. Populasi penyelidikan ini sebanyak 35 pelajar serta hasil yang di peroleh dalam penelitian ini melalui uji hipotesis (uji paired sampel t-test) didapat bahwasanya nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya, model belajar creative problem solving ada pengaruh pada kemahiran bernalar kritis peserta didik kelas IV SDN Suko 2 Sidoarjo dan mengalami penigkatan pada setiap indikator kemahiran berpikir kritis.

Published

2024-08-05

How to Cite

Lestari, L., & Christanti, A. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8751-8755. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5104