Budaya Penggemar Harry Potter di Media Sosial Instagram (Studi Etnografi Virtual pada Penggemar Harry Potter di Instagram)

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik penggemar yang dapat membentuk budaya penggemar pada fandom Indo Harry Potter di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi etnografi virtual. Dengan melakukan pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipan, hingga dokumentasi, peneliti juga menjadi bagian dari komunitas Indo Harry Potter dengan menjadi anggota komunitas tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya praktik penggemar yang membentuk budaya penggemar yang dilihat dari empat bidang yang terpengaruhi oleh teknologi dari Lucy Bennett (2014), yakni 1) Komunikasi, praktik penggemarnya yakni fan speak dan fan jokes. 2) Kreatifitas, praktik penggemarnya adalah fan merch, fan vids, fan art, 3) Pengetahuan, informasi yang meliputi event komunitas, event official Harry Potter, merchandise Harry Potter, dan 4) Organisasi dan kekuatan sipil, praktik penggemarnya yakni fan discussion dan fan activism.

Published

2024-07-01

How to Cite

Budaya Penggemar Harry Potter di Media Sosial Instagram (Studi Etnografi Virtual pada Penggemar Harry Potter di Instagram). (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6502-6508. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4671