Integrasi Teknologi dan Humanisme: Menuju Penguatan Kualitas Pendidikan Tinggi di Era Society 5.0

Authors

  • Khairul Tri Anjani Universitas Pakuan, Indonesia
  • Anna Rufaidah Universitas Pakuan, Indonesia
  • Nandang Hidayat Universitas Pakuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4441

Abstract

Era society 5.0 menuntut pendidikan tinggi untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap transformasi digital dan perubahan sosial yang kompleks. Integrasi teknologi dan humanisme menjadi krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dengan memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi akses terhadap sumber daya pendidikan dan pengalaman belajar yang lebih dinamis, sambil memperhatikan nilai-nilai humanistik seperti pengembangan karakter dan kepekaan sosial. Metode studi literatur digunakan untuk menyelidiki peran integrasi ini, tantangan yang dihadapi, dan persepsi stakeholders terkait. Dengan pemahaman yang mendalam tentang integrasi teknologi dan humanisme, perguruan tinggi dapat merancang strategi yang efektif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan masa depan.

Published

2024-05-03

How to Cite

Anjani, K. T. ., Rufaidah, A. ., & Hidayat, N. . (2024). Integrasi Teknologi dan Humanisme: Menuju Penguatan Kualitas Pendidikan Tinggi di Era Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4906-4911. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4441