Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Artikel dengan Model Pembelajaran Koperatif Group Investigation Pada Siswa Kelas XII

Authors

  • Nosya Agretta Arnesti Universitas Riau, Indonesia
  • Charlina Charlina Universitas Riau, Indonesia
  • Silvia Permatasari Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4410

Abstract

Tujuan dari peneliaian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan menulis teks artikel pada siswa kelas XII SMAN 2 Selatpanjang setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 2 SMA Negeri 2 Selatpanjang dengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini terbagi menjadi instrument tes dan penilaian hasil belajar siklus I dan siklus II, dan instrument non tes terdiri dari penilaian sikap dan penilaian proses belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan presentase. Hasil pada penelitian ini terlihat kemampuan menulis teks artikel mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sejumlah 39%, pada siklus I nilai rata-rata siswa sejumlah 57,35 dan pada siklus II meningkat menjadi 96,18. Berdasarkan hasil tersebut pembelajaran teks artikel dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan perubahan positif pada siswa dengan peningkatan pada kemampuan menulis teks artikel.

Published

2024-05-01

How to Cite

Arnesti, N. A. ., Charlina, C., & Permatasari, S. . (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Artikel dengan Model Pembelajaran Koperatif Group Investigation Pada Siswa Kelas XII. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4608-4615. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4410