Pengaruh Karaker Disiplin terhadap Prestasi Belajar Anak TK B di Provinsi Jawa Timur

Authors

  • Susy Humayrah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Debie Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4386

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara karakter disiplin terhadap prestasi belajar anak di TK B Provinsi Jawa Timur. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden. Dalam menentukan sampling peneliti menggunakan teknik simple random sampling.  Pengukuran variabel bebas atau karakter disiplin menggunakan tiga indikator yaitu disiplin dalam menggunakan waktu, disiplin dalam beribadah, dan disiplin dalam masyarakat. Kemudian pada variabel terikat atau perestasi belajar menggunakan 3 indikator berupa kecakapan menyadari diri, kecakapan religius, dan kecakapan berpikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan hubungan sebab akibat atau kausalitas. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji pearson product moment, uji t, dan uji regresi linier sederhana. Keseluruhan uji statistic menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara karakter disiplin terhadap prestasi belajar anak. Pengaruh antara karakter disiplin terhadap prestasi belajar anak TK B di Provinsi Jawa Timur berada dalam kategori rendah yaitu hanya 0,53%.

Published

2024-05-01

How to Cite

Humayrah, S. ., & Susanti, D. . (2024). Pengaruh Karaker Disiplin terhadap Prestasi Belajar Anak TK B di Provinsi Jawa Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4403-4408. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4386