Kefektifan Penggunaan Media Digital Berbasis Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Laely Noor Aulya Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ika Ratnaningrum Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran digital berbasis powtoon dapat mempengaruhi minat serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model nonequivalent control group. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas kelas kontrol, kelas IV SDN Lebakgowah 01 dan kelas eksperimen kelas IV SDN Jatimulya 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan pretest dan posttest serta penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis, serta uji gain. Hasil penelitian menjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua sampel. Pada kelas kontrol nilai rata-ratanya senilai 47. Pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya senilai 79.82. Maka disimpulkan, jika penggunaan media pembelajaran digital berbasis powtoon efektif digunakan dalam pembelajaran.

Published

2024-05-03

How to Cite

Aulya, L. N. ., & Ratnaningrum, I. . (2024). Kefektifan Penggunaan Media Digital Berbasis Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4912-4918. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4353