Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Mata Pelajaran PPKn Kelas III SDS IT Cendekia

Authors

  • Rabiatul Adawiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Irfan Dahnial Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4192

Abstract

Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai nasionalisme pada mata pelajaran PPKN kelas III SDS IT Cendekia. Kemudian yang kedua untuk mengetahui penerapan nilai-nilai nasionalisme pada mata pelajaran PPKN kelas III di SDS IT Cendekia. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mendemonstrasikan nilai-nilai nasionalisme dalam mata pelajaran PPKN yang diajarkan di sekolah dasar IT Cendekia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi antara lain observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah SDS IT Cendekia dan Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas III, Peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian. (1)Proses penanaman nilai-nilai nasionalisme pada mata pelajaran PPKN ini dimulai dengan adanya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),  selain itu pendidik melakukan pengajaran lewat memperkenalkan kebudayaan indonesia, menyanyikan lagu nasional, dan menghafalkan alinea sumpah pemuda kepada peserta didik. (2)Penerapan  nilai-nilai nasionalisme terbentuk dengan menjalankan prinsip-prinsip nasionalisme melalui kegiatan inti sebagai berikut: (a)toleransi; (b)tanggung jawab; (c)gotong royong; (d)kesopanan; dan (e)rela berkorban. Dan SDS IT Cendekia juga memiliki program khusus untuk memaksimalkan penanaman nilai nasionalisme yakni kegiatan (PLS) itu setiap jumat ada jumat berkah, jum’at bersih. Kemudian dengan adanya nilai-nilai nasionalisme pada mata pelajaran PPKN ini sangat penting dilaksanakan pada kelas III SDS It cendekia hal ini disebabkan sebagai pembekalan jati diri jati diri personaliti pada peserta didik terhadap perkembangan zaman yang semakin pesat, Sehingga prinsip nilai nasionalisme dan program PLS tersebut mampu mengembangkan sikap dan karakter sekaligus memahami nilai-nilai secara utuh dengan berpedoman pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai nasionalisme.

Published

2024-05-01

How to Cite

Adawiyah, R. ., & Dahnial, I. . (2024). Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Mata Pelajaran PPKn Kelas III SDS IT Cendekia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4409-4416. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4192