Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4087Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model open ended terhadap kemampuan berpikir matematis dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir matematis pada siswa kelas IV SD. Penelitian kuantitatif dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Hasil observasi diperoleh nilai skor total rata-rata 4,9 hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Open Ended mempunyai penerapan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil validitas materi memperoleh nilai skor total rata-rata 4,85 tergolong kriteria baik, artinya materi sudah layak digunakan dalam penelitian. Hasi uji reabilitas diperoleh Nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,087 menunjukkan bahwa 20 butir pertanyaan cukup reliabel. Berdasarkan perhitungan uji test terdapat nilai tertinggi pada kelas kontrol yaitu 95 dan di kelas eksperimen yaitu 100. Hasil uji normalitas shaipiro wilk nilai sig pretest senilai 0,006 > 0,05 dan nilai sig posttest senilai 0,030 > 0,05 (berdistribusi normal). Hasil uji independent sample test nilai signifikansi 0,77 < 0,05 (Ho ditolak dan Ha diterima). Adanya perbedaan signifikan antara diterapkannya model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas IV SD. Sehingga model pembelajaran Open Ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif.