Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan

Authors

  • Fikriana Fikriana Universitas Lampung, Indonesia
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung, Indonesia
  • Nurlaksana Eko Rusminto Universitas Lampung, Indonesia
  • Siti Samhati Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3614

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I Sekolah Dasar dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berupa media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk media buku cerita bergambar yang tersingkronisasi dengan menggunakan metode SAS (struktural analitik dan sintetik) yang diharapkan mempu meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 7 tahapan. Subjek dalam penelitian ini adalah yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran serta peserta didik kelas I SD Negeri 2 Palapa dan MIMA 7 Labuhan Ratu sebagai pengguna produk. Hasil penelitain menghasilkan produk buku cerita bergambar berbasis metode SAS yang layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik. (1) Produk yang dihasilkan dinilai valid berdasarkan penilaian 3 ahli media, 3 ahli bahasa, dan 3 ahli pembelajaran serta dinilai praktis berdasarkan penilaian 12 ahli praktisi yaitu pendidik memperoleh rata-rata holistik sebesar 88 dengan interpretasi sangat praktis dan peserta didik memperoleh rata-rata holistik 86 dengan interpretasi sangat praktis. (2) Produk yang dihasilkan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik ditunjukan dengan nilai rata-rata pretes di SD Negeri 2 palapa 40 meningkat pada posttest sebesar 83 dengan nilai N-Gain skor 0,72 dan MIMA 7 Labuhan Ratu 36 meningkat pada posttest sebesar 81 dengan nilai N-Gain skor 0,71.

Published

2024-01-06

How to Cite

Fikriana, F., Herpratiwi, H., Rusminto, N. E. ., & Samhati, S. . (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 817-824. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3614