Perbandingan Pendidikan di Indonesia dan Pendidikan di Finlandia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.354Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan pendidikan yang ada di indonesia dengan pendidikan yang ada di finlandia. Sebagaimana pendidikan di indonesia jauh sangat jauh tertinggal dibandingkan negara lain. Pada saat ini pendidikan adalah satu hal yang nomor satu dan yang terpenting untuk manusia. Terlihat dari kualitas pendidikan di finlandia keberhasilan pendidikannya sudah diakui dunia. Berbeda dengan indonesia, perbandingan pendidikannya terlihat sangat jauh berbeda. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka, dimana pengambilan data dalam bersumber dari jurnal-jurnal atau buku-buku yang telah dianalisis berdasarkan permasalahan yang ada. Terdapat beberapa hasil mengenai pendidikan antar kedua negara ini yaitu, 1) pendidikan indonesia lebh banyak digunakan untuk ajang kompetensi, sedangkan finlandia mengedepankan prinsip kesetaraan, 2) terdapat sistem tinggal kelas bagi siswa yang kemampuannya dibawah rata-rata dan perangkingan siswa, finlandia tidak menggunakan sistem seperti ini, 3) indonesia beban belajarnya setiap minggu +/- 40 jam, finlandia belajar +/- 30 jam perminggunya, 4) di negara indonesia pembelajarannya lebih banyak dilakukan di ruang kelas, sedangkan finlandia menggunakan metode problem solving, 5) pemberian tugas akan selalu ada setiap kali bertatap muka bagi peserta didik di indonesia namun tidak untuk finlandia, negara ini tidak membebani peserta didiknya untuk mengerjakan tugas. Dan yang terkahir, 6) guru diindonesia bisa minimal D4, jika finlandia kualifikasi guru minimal master (S2). Jika ingin memasuki sekolah dasar di indonesia peserta didik harus memiliki surat rekomendasi tertulis dari pihak pengajar ssebelumnya.