Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak

Authors

  • Arif Choiruman Hakim Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Sunardi Sunardi Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Djono Djono Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3344

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Islamiyah Jatigede, Sumberrejo, Bojonegoro yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IV Madrasah Islamiyah Jatigede, Sumberrejo, Bojonegoro. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan metode tes. Data dianalis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase hasil belajar akidah akhlak siswa pada siklus I sebesar 44% dengan kategori “Sangat Rendah”. Sedangkan pada siklus II sebesar 88% dengan kategori “Tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IV Madrasah Islamiyah Jatigede, Sumberrejo, Bojonegoro.

Published

2024-02-01

How to Cite

Hakim, A. C., Sunardi, S., & Djono, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1321-1327. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3344