Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasar Masalah dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Segi Empat Kelas VII SMP

Authors

  • Nurul Wahidatul Kistatuhu Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mega Teguh Budiarto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Siti Khabibah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berdasar masalah dengan pendekatan saintifik pada materi segiempat kelas VII SMP yang baik; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berdasar masalah dengan pendekatan saintifik pada materi segiempat kelas VII SMP. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan yang mengikuti rancangan model 4-D dilanjutkan dengan tahap eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil penilaian validator yang mendapatkan skor minimal 3 pada setiap aspek serta tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Perangkat memenuhi kriteria praktis berdasarkan aktivitas guru dalam kategori baik dan tingkat keaktifan siswa mencapai 95,6%. Perangkat memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 83% serta respon positif siswa terhadap perangkat mencapai 92%. Sedangkan pembelajaran menunjukkan capaian efektif didasarkan pada aktivitas guru berkategori baik,  tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 96,4%, respon positif siswa terhadap pembelajaran mencapai 93%, dan ketuntasan belajar siswa mencapai 89%.

Published

2021-11-27

How to Cite

Kistatuhu, N. W., Budiarto, M. T., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasar Masalah dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Segi Empat Kelas VII SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 689-697. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.334