Implementasi E-Learning di Madrasah Aliyah Kabupaten Subang

Authors

  • Lina Nurdiyannah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Cahya Syaodih Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Helmawati Helmawati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.313

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran implementasi e-learning di MA Kabupaten Subang, yang secara khusus mengetahui pengetahuan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan solusinya, Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, studi deskriptif di MAN 1 Subang dan MAN 2 Subang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukan guru sudah memiliki pengetahuan mengenai TIK dan kelengkapan e-learning madrasah, selain itu penelitian ini secara umum menunjukan implementasi e-learning di Madrasah Aliyah Kabupaten Subang sudah dilaksanakan dengan baik namun guru belum memaksimalkan penggunaan fitur-fiturnya dalam pembelajaran. Sebagian besar guru sudah memiliki pengetahuan dan melaksanakan tahapan impelementasi sesuai dengan panduan penggunaan e-learning madrasah, dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa guru cukup sering dibantu oleh apikasi lain selain menggunakan fitur evaluasi dalam e-learning madrasah sehingga berimplikasi pada penggunaan e-learning madrasah sebagai suplemen (tambahan), komplemen (pelengkap), dan substitusi (pengganti) dalam proses pembelajaran.

Published

2021-11-02

How to Cite

Nurdiyannah, L., Syaodih, C., & Helmawati, H. (2021). Implementasi E-Learning di Madrasah Aliyah Kabupaten Subang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 549-558. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.313