Strategi Penanaman Karakter Disiplin Ibadah melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3052Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui strategi Pendidikan karakter kedisiplinan Ibadah melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri tiga Boyolali. 2) untuk mengetahui hambatan dan solusi Strategi Penanaman Karakter Disiplin Ibadah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri tiga Boyolali Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Alasan peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif ini karena ingin mengetahui dan mendeskripsikan peran kepramukaan dalam kaitannya dengan pendidikan kedisiplinan beribadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri tiga Boyolali. Teknik Keabsahan data dalam penelitian ini diuji dengan triangulasi. triangulasi dalam pengujian kredibilitas diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai waktu. Dengan demikian terdapat triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pendidikan karakter kedisiplinan ibadah melalui kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya: inkulkasi nilai, keteladanan, fasilitasi, Pengembangan Akademik dan Sosial. Sedabgkan yang paling banyak digunakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Boyolali adalah Ikulkasi Nilai dan Fasilitasi. Hambatan dan solusi dalam strategi penanaman karakter disiplin ibadah melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah keterbatasan sumber daya dan fasilitas. Solusinya adalah dengan mencari sumber daya dan fasilitas yang tersedia, baik di dalam maupun di luar sekolah. Maupun dengan mengaikutsertakan dalam kegiatan pelatihan seperti kursus mahir dasar dan kursus mahir lanjutan.