Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2781Abstract
Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mampu melakukan proses pematangan kualitas siswa yang dikembangkan dengan cara membebaskan siswa dari ketidaktahuan dan ketidakmampuan. Dengan adanya pendidikan yang bermutu maka akan terlahir generasi atau sumber daya manusia yang unggul dalam segala aspek kehidupan. Dalam upaya pemerintah merespon permasalahan yang ada pada dunia pendidikan ketika pandemi dan pasca pandemi, pemerintah meluncurkan program kurikulum merdeka belajar. Inovasi ini merupakan gebrakan baru pemerintah, namun dalam pelaksanaannya tidak banyak mengubah esensi kurikulum terdahulu hanya saja memberikan varian baru dalam mensukseskan penguatan karakter siswa. Pada penelitian menggunakan metode studi kepustakaan atau library research dengan menggunakan pengkajian terkait berbagai tulisan atau literatur yang ada baik itu berupa buku, jurnal, artikel, skripsi, dan sumber relevan lainnya yang berasal dari internet. Pada penelitian menunjukkan bahwa pada kurikulum merdeka belajar, administrasi yang dibuat oleh para guru tidaklah sebanyak kurikulum terdahulu. Dimulai dari penyusunan ATP yang lebih sederhana namun sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tentu hal ini akan lebih memusatkan perhatian guru dan menaikkan keektivitasan guru di kelas sebagai pengajar. kegiatan pembelajaran siswa pada kurikulum merdeka tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Namun yang menjadi pembeda adalah penyusunan bahan ajar yang dilakukan oleh guru lebih sederhana. Selain itu, dalam membentuk karakter siswa, pada kurikulum merdeka alokasi waktu yang digunakan lebih jelas dan action-nya nyata. Kegiatan tersebut dibentuk dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).