Analisis Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Aura Khasanah Putri Institut Agama Islam Al-Zaytun, Indonesia
  • Irvan Iswandi Institut Agama Islam Al-Zaytun, Indonesia
  • Dadan Mardani Institut Agama Islam Al-Zaytun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2734

Abstract

Siswa seringkali memiliki kendala dan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, antara lain dalam membaca serta memahaminya. Karena hal tersebut, menyebabkan banyak siswa tidak berminat belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis minat belajar bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun Indramayu Tahun 2023, mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran mufrodat dan muhadatsah, serta upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah selutuh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Teknik sampel yang digunakan dalah purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yang berbeda. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun tergolong kurang. Terbukti dari 55 siswa yang telah diwawancarai terdapat 64% siswa yang kurang minat dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan siswa yang memiliki minat dalam belajar bahasa Arab sebesar 36%. Metode pembelajaran serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab sangat bervariatif. Hal ini dilakukan agar siswa tidak bosan dan jenuh ketika kegiatan belajar mengajar bahasa Arab berlangsung.

Published

2023-11-02

How to Cite

Putri, A. K., Iswandi, I., & Mardani, D. (2023). Analisis Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9018-9024. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2734